RSS

Disiplin itu penting ga sih!!

25 Aug

Sebelum saya melanjutkan postingan ini, alangkah lebih baiknya kita tahu apa itu disiplin.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

disiplin /di·sip·lin/n1 tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya); 2 ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya); 3bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu;

— ilmiah1 cara pendekatan yang mengikuti ketentuan yang pasti dan konsisten untuk memperoleh pengertian dasar yang menjadi sasaran studi; 2cabang ilmu;
— nasional kondisi yang merupakan perwujudan sikap mental dan perilaku suatu bangsa ditinjau dari aspek kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan peraturan dan hukum yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;

berdisiplin/ber·di·sip·lin/v menaati (mematuhi) tata tertib;

mendisiplinkan/men·di·sip·lin·kan/v membuat berdisiplin; mengusahakan supaya menaati (mematuhi) tata tertib

sumber: http://kbbi.web.id/disiplin

Nah, ternyata disiplin memiliki arti yang luas. Pada postingan ini saya akan membahasa sudut disiplin dari sudut yang lain. Disiplin itu sangat penting.
Contoh:
Sebagai seorang karyawan sikap disiplin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan. Banyak perusahaan yang memberikan potongan terhadap gaji karyawannya dikarenakan kurang disiplin(baca: telat, red).
Sebagai seorang siswa juga sikap disiplin harus dimilliki, ketika datang telat ke sekolah, alangkah seringnya guru memberikan hukuman untuk belajar dilluar kelas. Tujuannya adalah anak tersebut nantinya bisa lebih disiplin(baca: tidak telat, red) lagi.
Bagi penulis, sikap disiplin ini wajib dimiliki oleh setiap orang, baik itu anak-anak, orang, dewasa, laki-laki, perempuan, orang tua, dan lain-lain. Oleh karena itu sikap ini harus ditekankan(baca: dibiasakan, red) pada diri sendiri. Kadang membiasakan diri untuk disiplin itu sangatlah sulit sekali, melakukannya harus dengan perlahan-lahan. Walaupun berat, tapi disinilah kita bisa mengalahkan diri untuk tidak terus bermalas-malasan.
Tips untuk meningkatkan disiplin diri, dengan cara :
  1. Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat.
  2. Buat urutan prioritas hal – hal yang ingin kita lakukan.
  3. Buat jadwal kegiatan secara tertulis.
  4. Lakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang kita buat, tetapi jangan terlalu kaku.
  5. Berusahalah untuk selalu dsiplin dengan jadwal program kegiatan yang sudah kita susun sendiri.

Disiplin diri merupakan suatu siklus kebiasaan yang kita lakukan secara berulang – ulang dan terus menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan. Disiplin diri dalam melakukan suatu tindakan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan akan manjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya keunggulan. Keunggulan membuat kita memiliki kelebihan yang dapat kita gunakan untuk  meraih tujuan hidup yang menentukan masa depan kita.

Akhir kata, setelah kita semua mendapat materi ini diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai. Satu hal penting, sebelum kita melakukan sesuatu itu terlebih dahulu tetapkanlah tujuan atau target dan tidak menunda sampai situasi sempurna.

Karena secara tidak langsung kita telah menyimpannya di alam bawah sadar. Dan otomatis setiap tindakan yang akan kita lakukan selaras dengan apa yang telah kita simpan itu. “ not only what you see is what you get, but also what you think is what you get” . Kemudian lakukan terus dengan disiplin sehingga kita mendapatkan apa yang kita inginkan.

(Sumber: Menumbuhkan Sikap Disiplin Diri)

 
Leave a comment

Posted by on August 25, 2016 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: