RSS

Antara Kuliah, Organisasi dan Kerjaan

12 Dec

Sebagai anak kuliahan pasti memiliki beragam kegiatan, baik itu kuliahnya sendiri maupun organisasi dan tidak terlepas dari yang namanya kerjaan (pribadi atau kelompok).

Pernahkah kita dikejar-kejar dengan waktu, misalnya saja deadline pengumpulan tugas, atau sedang ujian masa kuliah yang waktunya kurang cukup? Ataukah kita sedang mengerjakan suatu project yang waktunya sangat mepet?
Dengan banyaknya kegiatan tersebut maka dibutuhkan manajemen waktu yang bagus, karena semuanya penting untuk track-record seorang mahasiswa. Pasti kita semua pernah mengalami hal-hal seperti itu, termasuk juga dengan saya tentunya. Saya sendiri merasa belum bisa mengatur jadwal sesuai dengan apa yang akan kita lakukan. Misalnya saja memakai agenda, sudah kita tulis pada hari minggu misalnya kita harus mengerjakan tugas kuliah dan harus selesai pada hari itu juga karena akan dikumpulkan hari seninnya, ternyata target hanya tinggal target. Dan ujung-ujungnya mencontek pun jadi jalan pintas untuk menyelesaikan tugas itu.  Kurang disiplin, kurang motivasi, dan kurang percaya diri adalah faktor utama yang mempengaruhinya.

Sebenarnya hal-hal tersebut yang menjadi pemicu kegagalan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan sebelumnya. Seringnya kita menganggap remeh suatu persoalan atau menunda-nunda pekerjaan tersebut. Sampai kita terlena hingga pada akhirnya pada waktu yang ditentukan kita selalu mengerjakan dengan terburu-buru & hasilnya pasti menjadi tidak maksimal. Ada upaya dari dalam diri kita yang mengatakan kita harus mengerjakan sesuatu dengan cepat tetapi betapa lebih besarnya godaan dari bisikan-bisikan dari dalam diri yang negatif mengatakan sebaliknya😦. Hal-hal itulah yang harus kita hilangkan..!!

Bagaimana caranya?

Jangan Menunda-nunda waktu.
Lakukan saat ini juga. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan menentukan deadline waktu untuk tujuan yang harus dicapai. “don’t wait till tomorrow, if you can do it today “.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk yang bermanfaat.
Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi waktu yang Anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.

Berkonsentrasi pada Hasil.
Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas ‘utama’ secara teratur, Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.

Prisip 80/20.
20% aktivitas Anda akan memberi Anda 80% dalam bentuk hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan kalau Anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.

Merespon dengan Cepat.
Ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran Anda jadi bertumpuk dengan hal yang tak berguna.

Bersikap tegas.
Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu Anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu Anda, matikan nada dering telepon atau minta dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.

Jadwalkan waktu untuk bersantai.
Saat Anda mengatur waktu dan bisnis Anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai. Hal ini sangat diperlukan dalam mengerjakan sesuatu itu tidak harus terus menerus karena dapat mengakibatkan stress. Waktu untuk bersantai ini berguna untuk menenangkan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari.
 
3 Comments

Posted by on December 12, 2011 in Tips n Triks

 

3 responses to “Antara Kuliah, Organisasi dan Kerjaan

  1. bram

    October 28, 2010 at 10:03 pm

    Bagus post nya dul . Sampe sekarang saya masih saja dikejar-kejar waktu .

     
  2. Smokeyman

    December 13, 2011 at 1:04 pm

    Nice bgt kang…
    UIng pisan lah…
    hahahaha…

    Saya justru mengingkan untuk mengejar waktu,, bukan dikejar waktu…
    hahaha

     
    • duelz

      December 13, 2011 at 1:13 pm

      hehe..
      nuhun..
      pi karna itu kita harus bisa memenej waktu dari sekarang..
      biar kedepannya kita bisa lebih baik..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: