RSS

internet

18 May

INTERNET

Sejarah Perkembangan Internet dimulai pada tahun 1969 dengan beroperasinya APARNET yang menghubungkan empat buah komputer, masing-masing di UCLA, di Standfort Research institude (SRI), di Universitas California Santa Barbara (UCSB), dan di Universitas Utah Charley Kline, dengan bandwidth sebesar 50 kbps, yang disediakan perusahaan AT&T (American Telephone & telegraph). Istilah Internet sendiri muncul pada tahun 1983 dengan ditemukannya protokol TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Semula Internet dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) dan penggunaannya dibatasi hanya untuk kepentingan akademik dan militer. Pembatasan itu dicabut di awal dekade 90-an dan Internet mulai digunakan secara komersial serta dapat diakses oleh masyarakat umum. Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Akses ke Internet

Untuk dapat mengakses informasi yang tersedia di Internet, seseorang harus memiliki komputer (IBM PC/Kompatibel, Macintosh, UNIX), modem (suatu alat yang mengubah sinyal digital sari komputer menjadi analog untuk ditransmisikan ke jaringan telepon) dan saluran telepon. Ia harus juga mendaftarkan diri ke salah satu Internet Access Provider. Pada prinsipnya, seseorang yang akan mengakses informasi di Internet harus menghubungkan komputernya dengan jaringan Internet melalui modem dan telepon. Yang harus dilakukan ialah menelpon suatu nomor tertentu (akan diberikan oleh Internet Access Provider) pada komputer. Apabila hubungan telah terjadi, komputernya akan menyatu dengan jaringan Internet , sehingga ia dapat mengirim surat elektronik, masuk ke komputer lain di Internet, atau mengambil informasi yang diperlukan dari jaringan Internet.

Ada beberapa tipe akses/koneksi Internet, di antaranya adalah:

1. Dial-up networking (public Switched Telephone Network) . client (computer user) terhubung ke ISP (internet Service Provider) melalui jaringan telephone regular (PSTN)

2. Dial-up dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Perangkat ponsel berfung si sebagai modem yang terhubung ke computer melalui kabel data ponsel (port comm. Atau USB), IRDA, juga Bluetooth. Koneksi internet melalui operator selular yang bertindak sebagai ISP, dengan mengatur konfigurasi pada computer maupun ponsel.

3. Leased-Line (dedicated) dengan jalur internet cable, saluran telepon atau kabel coax dan fiber optic yang disewa untuk pengguna selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya.

4. Frame Relay – merupakan suatu layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan. Untuk lalu-lintas komunikasi yang padat, frame Relay jauh lebih efisien dari pada sirkit sewa (leased line) yang disediakan khusus untuk satu pelanggan (dedicated), yang umumnya hanya terpakai 10%-20% dari kapasitas lebarpita (bandwith)-nya.

5. Wave-LAN – koneksi jaringan local dengan ISP menggunakan teknologi wireless dengan perangkat radio/antenna dengan gelombang mikro 2.4 GHZ (free-license), 3.3 GHz, 5.8 GHz, 10.5 GHz (license), dll

6. PLC (PowerLine Communication) – koneksi PC dengan internet menggunakan jalur listrik PLN yang bertindak sebagai ISP, dengan bantuan modem yang langsung dapat ditancapkan ke stop kontak yang telah beraliran listrik

7. VSAT (Very Small Aperture Terminal), pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastruktur seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon. Antenna VSAT berbentuk seperti piringan yang berukuran besar dan menghadap ke langit(satelit). Dengan peralatan ini maka sinyal digital diterima dan dikirimkan ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.

8. ADSL (Asynchronous Digital Subcriber Line) dengan modem dan router merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream biasanya lebih tinggi. Teknologi ADSL memungkinkan user dapat memisahkan pemanfaatan jalur telepon regular untuk keperluan regular dan konek si internet.

9. DSL (Digital Subcriber Line) – sebuah metode transfer data melalui saluran telepon regular. Dirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan leased line. DSL berbeda dengan Leased Line. Koneksi melalui DSL jhauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon regular walaupun keduanya sama – sama menggunakan kabel tembaga (jalur PSTN)

10. ISDN (Integrated Service Digital Network). Pada dasarnya ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon regular. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon.

Layanan dan Fasilitas pada Internet

Dengan semakin maraknya internet, maka cepat atau lambat, anda akan memerlukan akses internet di rumah. Pada saat ini, mungkin anda masih bisa berhemat dengan menggunakan internet di kantor anda, tapi internet berkembang dengan cepat dan ada saatnya anda perlu mengambil keputusan untuk menghadirkan internet di rumah anda. Terutama ketika anda mempunyai anak yang mulai memasuki usia sekolah, di mana mereka akan memerlukan internet untuk membantu proses belajar. Dengan semakin maraknya internet, maka cepat atau lambat, anda akan memerlukan akses internet di rumah.

Bentuk Layanan Internet

1. www (World Wide Web): Layanan WWW merupakan layanan internet yang paling dikenal. dengan layanan ini Anda bisa menikmati berbagai situs web di dunia. Layanan ini disediakan oleh protokol yang dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol)

2. Email (electronik mail): Layanan email merupakan layanan yang memungkinan Anda mengirimkan surat elektronik melalui internet. Layanan ini ditangani oleh SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

3. IRC (Internet Relay Chat): IRC anda gunakan ketika melakukan chatting lewat Internet. Dengan IRC Anda bisa bercakap-cakap dengan teman Anda yang berada di tempat yang jauh

4. FTP (File Transfer Protocol): Melalui FTP, Anda bisa mengirimkan file-file Anda ke komputer yang sangat juh lewat Internet. Anda bisa juga mengambil file-file dari komputer yang jauh tersebut

5. TELNET (Remote Login): Telnet digunakan sebagai mekanisme untuk memasuki komputer lain sebagai pengguna. Ketika Anda melakukan telnet ke komputer lain. Anda sebenernya telah memasuki sistem komputer tersebut sebagai penggunaan resmi.

6. USERNET: Usernet merupakan layanan berupa pengiriman email ke suatu grup diskusi yang memiliki topik diskusi tertentu. Seluruh komputer yang terhubung dalam Internet saling berkomunikasi menggunakan protokol TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol), yang dikembangkan oleh DARPA.

Tiga fasilitas/aplikasi utama dari TCP/IP adalah :

1. Electronic Mail/Email/Messaging: Electronic mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang paling sering digunakan di Internet. Dengan fasilitas ini seseorang dapat membuat dan mengirimkan pesan tertulis kepada seorang atau sekelompok orang lain yang juga terdaftar di Internet

2. Remote Login: Dengan fasilitas ini seorang dapat mengakses program/aplikasi di komputer lain. Misalnya seorang mahasiswa di universitas A dapat menjalankan aplikasi komputer yang terdapat di universitas B tanpa harus datang ke kampus universitas B apabila komputer di universitas A dan B saling berhubungan menggunakan TCP/IP.

3. File Transfer: Fasilitas ini memungkinkan terjadinya pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain. Sebuah file dapat berisi dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang terekam secara digital.

Pelayanan yang terdapat dalam Internet didasarkan pada tiga fasilitas di atas. Berbagai komputer yang tergabung dalam Internet akan menyalurkan surat-surat elektronik yang dikirimkan oleh para pemakainya, beberapa memberikan program/aplikasi komputer untuk dipakai bersama (misalnya Archie : Program pencarian arsip/dokumen, Gopher : Sistem menu untuk memudahkan pencarian informasi di Internet, WAIS (wide Area Information Servers, game interaktif dan lain-lain), dan banyak yang menyediakan file untuk di transfer seperti informasi cuaca, harga komoditas pertanian, program-program komputer, abstrak dokumen, berita-berita mancanegara dan lain-lain.

Manfaat Internet

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke Internet. Berikut ini hanyalah sebagian dari apa yang tersedia di Internet :

• Informasi untuk kehidupan pribadi : Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.

• Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi. Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan Internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.

Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan Internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia. Kelebihan dan Kekurangan Internet Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.

Kelebihan dalam bidang Pendidikan

1. Kita dapat men-download berbagai informasi mengenai pelajaran mulai dari jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK atau sederajat. Misalnya pada website http://www.e-dukasi.net,

2. Mempelajari kebudayaan dari berbagai daerah dengan cara bertukar informasi melalui fasilitas pada Internet seperti : Yahoo messenger, Milist dll.

Kekurangan

1. Terlalu luasnya informasi yang ada di internet sehingga banyak disalahgunakan oleh berbagai kalangan.

2. Kurangnya sistem pengamanan pada internet.

 
Leave a comment

Posted by on May 18, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: