RSS

open source

09 Nov

Saatnya beralih ke open source

Semua orang pasti sudah tau bahwa lisensi operating system Microsoft sangat mahal sekali. hal ini membuat orang orang menggunakan software software bajakan.untuk penggunaan secara pribadi mungkin tidak masalah.lain halnya jika digunakan untuk kepentingan komersialisasi,bisa menjadi masalah besar dan berbuntut denda.Saatnyalah kita beralih ke open source.apa itu open source?memang tidak semua orang yang tahu akan open source ini.open source adalah operating system atau software sama halnya dengan Microsoft windows. bagi yang sudah lama menggunakan microsoft, jangan takut kalau menggunakan OSS karena :
1.microsoft word (pada windows) sama dengan OpenOffice writer (pada Linux/OSS)
2.microsoft access (pada windows) sama dengan OpenOffice Base (pada Linux/OSS)
3.microsoft Excel (pada windows) sama dengan OpenOffice Calc (pada Linux/OSS)
4.microsoft Powerpoint (pada windows) sama dengan OpenOffice Impress (pada Linux/OSS)

Beberapa kelebihan Open Source Software disbanding Microsoft:
1. Tidak perlu membeli lisensi, karena setiap Open Source Software bersifat freeware (gratisan)
2. Tidak bisa terinfeksi virus, kalau pun bisa dimasuki virus bisa dengan mudah menghapusnya.
3. Tidak perlu memakai antivirus

Linux merupakan salah satu open source software yang gratisan, Pertama kali dikenalkan oleh Linus Stavvolt.Sekarang linux sudah berganti nama menjadi gnulinux.distro-distro linux yang tertua diantaranya:

“debian “(*.deb,kini debian telah berkembang, salahsatu produknya adalah ubuntu. Di Indonesia ,debian sudah mempunyai open source tersendiri yang kemudian diberi nama blangkon.)” Slackware” (*.tgz) dan
“ Redhat “(*.rpm),dahulu redhat tidak gratis,kenapa redhat tidak gratis? jawabannya karena redhat merupakan open source software yang menitikberatkan pada security sistem. Namun, banyak konsumen redhat sendiri yang beralih menggunakan opensource software yang lain. Untuk mengobati kekecewaan itu redhat kemudian mengeluarkan produk yang diberi nama fedora 9. Yang menjadi perbedaannya adalah redhat tidak gratis dan fedora gratis, tapi dari keseluruhan sistemnya tidak jauh berbeda.

IGOS (Indonesia Go Open Source) adalah distro open source yang pengembangannya oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Meskipun disponsori oleh pemerintah,distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembang kan oleh komunitas. Distro Nusantara 3 (Mahakam) merupakan distro berbasis Fedora yang telah disesuai kan dengan kebutuhan pengguna Indonesia. Nusantara 3 (Mahakam) dikembangkan dengan mengambil basis Fedora 9. Fedora merupakan salah satu distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Fedora. Distro ini awal mulanya adalah RedHat, salah satu distro tertua yang dikenal keandalannya di bidang enterprise. Meskipun berasal dari ReHat, namun dalam pengembangannya Yayasan Fedora berusaha lepas dari bayang-bayang RedHat, dan berkeinginan menjadi distro yang 100% dikembangkan oleh komunitas.(Abdul)

 
Leave a comment

Posted by on November 9, 2009 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: